Jumat, 07 Juli 2017

MUCHDAR: “PROMOSI PEJABAT MERUPAKAN HAL BIASA, TAPI JUGA MENGANDUNG NILAI AMANAH DAN TANGGUNG JAWAB YANG BESAR”



Kab.Magetan. (Humas). “Promosi Pejabat dalam suatu insitusi merupakan hal biasa, tapi juga mengandung amanah dan tanggung jawab yang besar”. Tanggung jawab  yang diberikan kepada seseorang dalam mengemban suatu jabatan. Sebagaimana yang dibaca dalam kata-kata pelantikan dan juga dalam sumpah jabatan. Itu tidak cukup hanya diucapkan, tapi juga harus dihayati dan diamalkan”. Hal tersebut diungkapkan oleh Muchdar Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Magetan saat memberikan sambutan pengarahan pada Pelantikan pejabat tunggal yakni Suradi yang dilantik sebagai  Kepala KUA Kec.Nguntoronadi.

Lanjut Muchdar,  pejabat di Kementerian Agama, saat ini hidup ditengah-tengah era yang berbeda dengan era sebelumnya, dimana seorang pejabat diera sebelumnya memang banyak dimanjakan. Seolah-olah pe jabat itu sebagai penguasa dari suatu Institusi atau wilayah tertentu. Namun untuk saat ini kita hidup di era reformasi birokrasi, dengan amanah dari sebuah jabatan apapun itu maka seorang pejabat harus memposisikan dirinya sebagai pelayan Umat atau Masyarakat. Kita harus bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat semaksimal mungkin, bukan untuk minta dilayani. Apalagi sebagai Kepala KUA, yang konon dulu dapat dibilang tugasnya hanya spesifik pada pelayanan Nikah, Talak, Rujuk dan Cerai (NTCR). Tapi untuk sekarang dengan sudah diundangkan dan diterbitkannya PMA No. 34 tahun 2016, bahwa Pelayanan KUA yang diberikan kepada masyarakat tidak hanya seputaran Nikah Rujuk saja, tapi semua yang ada di Kementerian Agama Kabupaten/Kota juga bisa dilayani di Kantor Urusan Agama Kecamatan. Satu misal Layanan Pendidikan ada Pengawas, pelayanan Pondok Pesantren, Pelayanan Keluarga Sakinah, Pelayanan zakat dan wakaf. Intinya Kepala KUA adalah sebagai layanan koordinator di tingkat Kecamatan, dan mempunyai hubungan koordinatif dengan Pengawas Pendidikan Madrasah, Pengawas Agama Islam, Penyuluh Agama Islam, Penghulu, petugas Tata Usaha dan juga dengan masyarakat sekitar maupun instansi terkait di tingkat Kecamatan.

Untuk itu Muchdar Kakankemenag Kab.Magetan  berpesan kepada Suradi Kepala KUA Kec Nguntoronadi yang baru dilantik untuk segera menjalin komunikasi, silaturohmi dan koordinasi dengan berbagai elemen di tingkat kecamatan yang di mulai dari Camat, Kapolsek, Koramil, Tokoh Agama, tokoh masyarakat dan sebagainya. Dengan jalinan komunikasi dan koordinasi yang baik maka diharap semua tugas khususnya yang berkaitan dengan Kementerian Agama akan dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses. (Kurdi)

Info Terkait:

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Jangan lupa kasih comment